Thursday 1 April 2010

..dan saya merasa aneh.

1 hal yang gw notice bgt dr 3 dara adlah bahasanya. penggunaan bahasanya. lucu. bener2 lucu. Indonesia sih, ga baku baku amat. tapi mungkin sedikit beraksen Melayu.
dan itu lucu bgt buat gw. sehingga, setiap apa yang diucapkan sm mereka, gw selalu merasa aneh.

trus gw berpikir, seharusnya kita melestarikan itu. iya bahasa. bahasa Indonesia. jangan kayak kita sekarang, merasa asing sm bahasa baku. aneh aja.. asing sm bahasa tanah air sendiri.

seperti sekarang, kalo tiba2 gue mengubah penggunaan bahasa dalam blog gue, pasti semua akan bertanya2 dan meras aneh. padahal sebenernya ga ada yang mesti di aneh-in. toh gue masih pake bahasa Indonesia.

sempet mikir juga, dari kapan gue belajar ngomong lo-gue dan bahasa2 ga baku lainnya? kenapa aja gt gue mau du suruh ber-lo-gue sm orang lain? kenapa mesti ada lo gue jg? kenapa ga pake saya,anda, aku, kamu.aneh kan.

dalam bahasa asing lain aja, contoh inggris, cuma ada I. ga ada tuh slang untuk I. cuma I dan itu dipke untuk segala umur. mau ngomong ke siapa juga tetep aja, I dan you.

dan kadang kita terlalu menjagokan bahasa asing sehingga lupa dan bahkan menganggap rendah bahasa sendiri. aduh, bikin malu juga ya. masa malu sm bhs tanah air sndr. miris kalo liat anak kecil yang lancar bgt bhs Inggrisnya tp ga bs bhs Indonesia padahal ibu bapaknya wong jowo.


No comments:

Post a Comment