Sunday 13 June 2010

as if, but life is a choice.

pernah baca seri Goosebumps nya RL Stine?


dulu waktu SD, buku yang paling gue cari di perpus ya itu. alasannya simple. bukan karena gue suka horror ato gue ngefans sama si RL Stine ato alasan lainnya, tapi karena ada sesuatu yang menarik banget dari buku itu.

buku itu menyediakan pilihan ke kita sesuai keinginan kita. jadi misalnya.. 

si A sedang menyusuri hutan, kemudian dia mendegar isak tangis dari dalam sebuah gubuk yang berjaraj tidak jauh dari tempatnya. nah entar di footnote halaman itu, ada pilihan ;
si A memutuskan untuk masuk ke gubuk itu (halaman 56)
si A langsung lari ketakutan dan kembali ke rumahnya (halaman 128)

begitu kira2. jadi di setiap persimpangan cerita,atau scene yang lagi seru, kita sebagai pembaca dapat menjadi 'Tuhan" dalam cerita itu. kita bebas memilih bagaimana alur ceritanya (sesuai yang disediakan penulis). kalo gue baca itu, gue pasti telusurin semua pilihannya sampe bingung sendiri baca ampe mana, karena longkap2 dan pindah2 setting haha akhirnya bosen sendiri.

cuma kepikiran aja, lucu kali ya kalo hidup ini kayak buku tadi. jadi kita berhak milih dan bukannya 'ngikutin' apa yang udah digariskan Dia. and we can even go back to another choice to see what happens if we pick them. and got 2 endings.

seandainya, gue ga pernah pindah ke pamulang. seandainya gue masih disana. seandainya gue ga masuk MD dan ga kenal2 tmn2 gue skg. bakal jadi apa gue? kyk gmn gue? mgkn gue bukan gue yang skg. dan semua pilihan yang tidak bisa kita pilih itu, yang menjadikan kita, kita. ya ga sih?
iya semua yang digariskan itu.
hmmmmmmmmmm

No comments:

Post a Comment