Sunday, 12 September 2010

seeing perfection inside imperfection.

akhir2 ini saya akrab dengan kata "Asperger Syndrome"
kalo mau niat di cari di google si ada. tapi mungkin sulit di cerna bahasanya.
saya si belom pernah secara langsung bertemu dengan aspie's (people with asperger) dan saya tertarik untuk itu.

sekilas tentang Asperger yang saya tangkap. Asperger is a spektrum of Autism. Asperger adalah salah satu cabang penyakit Autism.
mereka briliant. punya kemampuan dalam memahami kata2 sulit. tapi..
mereka sulit untuk mencerna 'idiom', 'konotasi' even 'jokes' pokoknya kalo ngomong sama mereka, sebaiknya to the point. pake kalimat langsung. jangan maksudnya A tapi ngomongnya ke B dan C dulu untuk ke A. dan jangan cepat2, dan gunakan nada yang benar.
mereka juga sulit berkomunikasi dan bergaul sm khalayak. kalimat yang mereka ucapkan kdg rancu.
mereka suka unusal things. and mendalaminya. kayak reptiles, astronomi, kimia, elektro, dsb.
mereka suka memakai hal yang sama berulang2. mislanya, makan 1 jenis makanan tiap hari, membuat sesuatu dengan cara yang sama berulang2.
mereka bagus dalam persepsi visual dan audio.
mereka susah tidur dan susah bangun, terutama untuk yang masih kecil.
mereka mudah emosi. ga bisa di bentak2 dan dicecar, dituntut apalagi ditambah mereka sulit mengerti kata2 korang sehingga itu membuat mereka panik dna marah.
imaginasi mereka kurang.

nah, baru  segitu yang gue tangkep soal Asperger. intinya, mereka kayak semacam nerd yang sulit bergaul tapi tentunya ga bisa dipatok rata semua nerd itu Aspie's. they're awkward, and. i kinda like them :)
but it's hard to deal with them. terutama children with Asperger.

1 comment: