Thursday 28 April 2011

(to becontinue. mood ilang)

saya hr ini rasanya mau meledak. kenapa? pagi- pagi saya dateng saya disuguhi sejembreng tugas. tapi bukan itu yg bikin saya sebel. yang bikin saya sebel adalah dimana ketika, sebut saja , B, bacain soal2 HCB dan hendak mendiskusikannya dengan teman sekelompoknya. 

       Apa yang mendasari seseorang untuk mencintai bangsa dan negaranya? Jelaskan dengan contoh konkret!
       Bagaimana sikap dan perilaku seseorang untuk menunjukkan bahwa dirinya mencintai bangsa dan negaranya?
       Bagaimana sikap anda sendiri dalam mengekspresikan kecintaan anda terhadap bangsa dan negara ?

lalu dengan mudahnya dia bilang
"ah gue gtau ah! gue ga cinta sama negara gue sendiri. kalo disuruh kritik indonesia gue bisa kali tp klo disuruh sebutin apa yg gue cinta dari indonesia, gue ga bisa. huh"

i was like...... IM GONNA CURSE YOU TO THE AKSAJSHDKASHASDH!

men, lo gila ya? emang dasar manusia ya paling bisa mengkritik dan menilai kesalahan orang atau sesuatu.
saya ga nyangka betapa i-nasionalisnya dia terhadap negaranya sendiri.

jujur, banyak kekecewaan saya terhadap indonesia. tapi itu ga lantas membuat saya jadi apatis dan bahkan memimpikan diangkat jadi warga negara lain yang bahkan kita gtau dalemnya kayak apa.

karena, kita lahir dan dibesarkan dari tanah dan air yang ada disini. air dan udara yang menghidupi kita mengalir dalam setiap tetes darah yang ada dalam tubuh kita. mendetakkan jantung kita. sampai saat ini.
sebagaimana jelek negara kita, adalah tugas kita untuk merawat dan mencintainya. seperti ibu kita.

bener loh tapi saya bukannya mau sok2an nasionalis, tapi saya cuma cukup prihatin bagaimana anak2 remaja Indonesia tergila-gila pengen ke luar negri bahkan cuma ke sebrang tanpa menyadari betapa indahnya negeri sendiri..

saya mungkin begitu. tapi setidaknya saya berusaha menomor-satukan negara saya dahulu.
saya mungkin ga bs meyakinkan kalian bagaimana indah negri ini di mata saya. bagaimana hijau dan biru pula langit dan air kita. bagaimana bening dan hangat semuanya. bagaimana unik dan ramah penduduknya.
mungkin saya saat ini hanya bisa "ngomong doang" di mata kalian dan "sok-sokan" doang.

tapi saya tulus mencintai negeri ini dengan sederhana. dan saya mau melakukan apa saja supaya kalian sadar, tanah yang kalian injak ini. istimewa.

semoga orang- orang kayak B tadi........ bisa terbuka indranya. karena memang saya ga bs menjelaskan ke dia dan memaksakan pikiran saya.


No comments:

Post a Comment