Wednesday 24 August 2011

the other side of piracy.

my friend just got back from NY and she brought Miss Daisy from Marc Jacobs. i love Marc Jacobs but it doesnt make me go crazy bout them. besides i dont really often using perfume. but the scent of miss daisy is so lovely i gotta admit.

so instead of buying a real one, (and i guess its quite pricy in here) i am thinking of making one. wait wait, making? do you mean you're gonna making the scent of miss daisy in some kind of lab and mixing all the chemicals by yourself?
no, stup. in Indonesia, we got a lot of talented useless people.

we do it all by ourselves. hahaha
like this, i know there are a lot of place who can hijack this perfume. and also others branded perfume.
i dont have to tell you that they are chemistry master or some kind of professor but, they can do it.

i dont know how the hell. living in crisis and developing countries makes you creative. you gotta be opportunist.

so i know, maybe some of you gotta say this is a bad thing to do. hijacking/copying someone's work. but let see from the other point of view. 

but then again, life isnt only about whats good and bad. its about balancing.
(subtitle switch to bahasa) 
lo bilang piracy itu kriminal. trus lo mau berhentiin piracy dan bikin orang2 yang hidup dari piracy it jobless?
trus lo mau membiarkan hasil karya lo mandek disini dan eksklusif karena harga yang ga bisa dijangkau semua lapisan masyarakat.

trus lo, puas dengan itu? ga berbagi. terlalu egois. terlalu serakah karena hak lo merasa dirampas. apakah trus lo langsung jatuh miskin hanya karena piracy itu? yuk coba liat pemusik-pemusik di luar sana yang karyanya di bajak dan bisa di download bebas di internet.
gue ga lantas ngerasa bersalah tuh mendownload lagunya secara illegal setelah nonton liputan rumahnya yang bisa nampung warga sekampung.


siapapun lo, dan lo punya karya, dan karya lo dibajak. berbanggalah. artinya karya lo bisa berguna bagi orang lain. artinya karya lo punya nilai jual. dan kalo lo ngerasa it ga adil. hey, believe me. life's fair. what comes around, goes around. semakin lo memberi, semakin lo ga punya apa2, dari situ lo akan dituntutu semakin mencari lagi dan akan punya apa2 lagi nantinya. yang lebih baik. dan begitu seterusnya.
ya kan?

see? yang mau gue tekankan disiin, its about balancing. kalo lo mikir suatu hal itu buruk, think again. think the other side. hidup itu ga cuma punya 1 sisi. dan ga ada yang salah sama berbagi. kalo dengan pembajakan itu gue malah bisa menghidupi beratur-ratus orang. kenapa ngga? toh gue ga akan membawa mati harta gue.

No comments:

Post a Comment