Friday 8 April 2011

panduan (asal) bagi kalian adik2ku yang ingin kuliah

  1. pilih jurusan jangan asal2an. pikirin matang karena lo bakal stick with that major for the next 4  years. kalo lo ga yakin dan gada tujuan. tanya orang, tanya guru. liat bakat dan minat lo kemana, gausah ngikutin paksaan orang tua. yang mau kuliah kan lo. bukan emak bapak lo. ikutin, kata hati lo. krn nantinya klo asal2an milih jurusan, adanya malah ga niat dan ga nyambung. malah putus di tengah. malah kasian nyokap bokap kan buang buang duit. 
  2. semua universitas basicnya sama.cuma mahal murhanya tergantung 'nama' dari univ itu. jadi, lo ngebeli nama dan link dari tuh universitas sbnrnya. beda kan persepsi orang pas lo bilang lulusan UI dan lulusan UNP*M ? jadi, bagi kalian yang emang niat kuliah tapi terhalang sm biaya, ga ada slhnya kuliah di univ2 kelas menengah. ilmunya sama. seteah itu baru klo ada kesempatan bs lanjut dimana gitu. 
  3. kalo pas sekolah kalian terbiasa diurusi guru, klo kuliah ga ada lagi tuh yang namanya dikejar2 buat remed ato diingetin kalo nilai kalian turun dan mepet. kalian ngurus diri kalian sendiri. dosen ga peduli mau lo bolos setahun kek, mau ga ngumpulin tugas kek. bodo amat. pokoknya kesadaran sendiri deh. tugas inget ngumpulin sendiri, absen inget sendiri, ujian belajar sendiri. ga ada tuh yang namanya dikejar2, "kalian catet yaaa bla3" pret. 
  4. kalo itu soal dosen, nah soal mahasiswa lainnya jg begitu. so individualist. jadi masing2 mikirin nilai dan nasib sendiri. 
  5. terus... kalian bener2 dituntut untuk terus mikir. makanya tugas numpuk. biar kalian ga bego! hahahah dan lebih ke essay dan analisa, makalah, laporan, dsb. kalo anak seni rupa tentunya ke gambar2 ato pra karya. 
  6. kalo kuliah, jangan jauh2. kalo jauh, ngekost. cm mst siap homesick. cape *curcol*
  7. banyak2in cari temen, temen kalian akan bergunau ntuk network kalian di masa depan nanti. makin banyak link makin gampang cari kerja hhehehe
  8. lebih baik nyicil SKS yang kurang, dari awal. supaya entar pas mau skripsi ngga keteteran sama jumlah SKS yang kurang dan mst kuliah lg brg anak2 semester bawah u.u tengsin. 
  9. BANYAK BACA. BANYAK DENGER. BANYAK TAU.
sekian panduan asal dari Marga. semoga berguna.

No comments:

Post a Comment